MENSTRUASI & KEHAMILAN

mens21

MENSTRUASI

Ketika wanita mencapai pubertas, maka organ-organ reproduksinya akan berkembang. Perkembangan organ tersebut diikuti dengan terjadinya menstruasi (datang bulan atau haid). Menstruasi merupakan siklus bulanan yang ditandai oleh pengeluaran darah dan sekreta (hasil pengeluaran kelenjar) dari vagina.

Menstruasi dipengaruhi oleh peningkatan aktivitas hormon-hormon reproduksi antara lain: progesteron, estrogen, folicle-stimulating hormone (FSH), luteinizing hormone (LH), dan luteotropic hormon (LTH)Estrogen dan progesteron dihasilkan oleh ovarium (indung telur), sedangkan FSH, LH, dan LTH dihasilkan oleh kelenjar pituitari (hipofisis)yang mengeluarkan hormon langsung ke aliran darah. Kelenjar pituitari berperan penting dalam mengatur fungsi-fungsi endoktrin.

Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi dimulai dengan proses ovulasi, yaitu pelepasan ovum (sel telur) yang sudah matang dari ovarium. Proses ovulasi dipengaruhi oleh hormon FSH, sedangkan pematangan sel telur dipengaruhi oleh LH. Apabila ovum dibuahi oleh sel sperma, maka hasil pembuahan akan menempel pada endometrium (dindingrahim)yang telah menebal . Akan tetapi apabila proses pembuahan tidak terjadi, maka endometrium mengalami peluruhan. Proses pengeluaran endometrium ini dikenal dengan sebutan menstruasi. Pada umumnya siklus menstruasi terjadi dalam periode 28 hari, namun siklus ini dapat saja terjadi dalam 23 hari atau 35 hari. Adapun pengeluaran darah menstruasi bisa berlangsung sekitar 3 – 7 hari.

Minggu ke-1: Lapisan rahim pecah dan keluar sebagai aliran darah haid melalui vagina.

Minggu ke-2: Lapisan menebal kembali sebagai persiapan untuk sel telur berikut yang menjadi matang dalam indung telur.

Minggu ke-3: Sel telur matang lepas dari indung telur. Sel telur dapat dibuahi selama 36 jam dalam saluran telur.

Minggu ke-4: Sel telur mencapai rahim, lalu tertanam jika dibuahi, atau pecah jika tidak dibuahi.

Menarche (menstruasi pertama)

Menstruasi pertama biasanya dialami oleh seorang wanita pada usia 12 – 14 tahun. Apabila menstruasi belum terjadi pada usia 16 tahun, maka perlu pemeriksaan ginekolog. Menarche biasanya diikuti perkembangan payudara dan rahim serta pertumbuhan rambut pada bagian sekitar kemaluan.

PMS (Pre-Menstrual Syndrome)

Pre-MenstruasiSyndrome (PMS) adalah kondisi tidak nyaman bagi seorang wanita sebelum sampai menstruasi. PMS disebabkan oleh aktivitas hormon estrogen dan progesteron selama siklus menstruasi. Pada umumnyaPMS ditandai dengan perubahan emosi (mudah marah, depresi, dan sulit tidur), gangguan pencernaan ( mual, muntah, dan sulit buang air besar), peningkatan berat badan, timbulnya jerawat, dan pusing.

Gangguan Siklus Menstruasi

Wanita dapat mengalami gangguan menstruasi seperti dismenore, amenore dan menoragia.

Dismenore adalah rasa nyeri dan kram pada perut bawah selama menstruasi, biasanya timbul pada hari pertama dan kedua.

Amenore adalah kondisi tidak adanya menstruasiselama lebih 3 bulan. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain abnormalitas organ reproduksi, ketidakseimbangan hormon, dan kehamilan.

Menoragia adalah perdarahan yang berlangsung lebih dari 7 hari dan dalam jumlah yang lebih banyak dari kondisi normal.

Perhitungan Terjadinya Ovulasi

Dalam periode siklus menstruasi 28 hari, ovulasi biasanya terjadi pada hari ke 14. Untuk periode siklus di luar 28 hari, ovulasi dihitung sebagai berikut:

OVULASI = PERIODE SIKLUS – 14

Misalnya, apabila siklus menstruasi seorang wanita adalah 30 hari, maka ovulasi terjadi pada hari ke 16.

( Sumber dari: Ensiklopedi Umum untuk Pelajar #7 )

KEHAMILAN

Kehamilan adalah serangkaian proses perubahan pada jaringan atau organ tubuh seorang perempuan akibat perkembangan janin di dalam uterus (rahim). Periode ini dimulai dari proses fertilisasi atau pembuahan sel sperma terhadap ovum (sel telur) pada saluran reproduksi dan implantasi (melekatnya) embrio pada endometrium (dinding rahim). Pada umumnya kehamilan diikuti dengan proses kelahiran bayi.

Proses fertilisasi terjadi di dalam tuba fallopi (saluran telur). Pada kondisi normal, ovum hanya dapat dibuahi oleh satu sel sperma. Ovum yang telah dibuahi akan mengalami pembelahan, mulai dari fase zigot sampai fase morula, fase blastula dan fase tropoblas.

Tanda Kehamilan

Kehamilan dapat ditandai dengan beberapa hal. Darah dan air seni pada perempuan yang hamil mengandung hormon human chorionic gonadotropin (HCG) yang merangsang aktivitas ovarium dan pembentukan plasenta.

Wanita yang sedang hamil tidak mengalami menstruasi atau mengalami amenorea. Selain itu, kehamilan juga ditandai dengan rasa mual dan muntah pada pagi hari, terutama pada bulan pertama kehamilan, mengidam, peningkatan frekuensi buang air kecil (akibat tertekannya kandung kencing oleh rahim yang membesar), dan pembesaran payudara.

Periode Kehamilan

Masa kehamilan dapat dibagi dalam 3 periode, yaitu trimester I, II, dan III.

-Pada trimester I, periode 3 bulan pertama berlangsung pada saat usia kehamilan 0 – 12 minggu. Periode ini merupakan awal pembentukan organ-organ tubuh janin.

-Pada trimester II, ketika kehamilan berusia 12 – 28 minggu, organ-organ tubuh janin telah terbentuk secara lengkap meskipun belum sempurna.

-Pada trimester III, ketika kehamilan berusia 28 – 42 minggu terjadi penyempurnaan organ tubuh janin.

Pemeriksaan kehamilan sebaiknya dilakukan sebulan sekali selama trimester I dan II. Pada tahap selanjutnya dilakukan 2 minggu sekalisetelah usia kehamilan 28 minggu, dan seminggu sekali setelah usia kehamilan 36 minggu.

Hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan dan perkembangan janin serta kondisi kesehatan ibu hamil dapat terpantau. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pengukuran tinggi dan berat badan, serta pemberian suplemen atau vitamin.

Plasenta dan Air Ketuban

Plasenta atau ari-ari merupakan organ atau jaringan yang terbentuk di dalam rahim pada saat usia kehamilan 16 minggu. Organ ini akan tumbuh hingga mencapai sekitar 500 g seiring dengan pertumbuhan janin dan pembesaran rahim. Plasenta berbentuk bulat dengan diameter sekitar 15 – 20 cm dan ketebalan sekitar 2,5 cm. Organ ini dilengkapi dengan tali pusat yang panjangnya sekitar 50 cm. Tali pusat berfungsi sebagai penghubung antara sistem peredaran darah janin dan sistem peredaran darah itu. Selain plasenta, perkembangan janin juga disertai dengan pembentukan air ketuban. Air ketuban berwarna putih agak keruh dan berbau khas. Cairan ini tersusun dari komponen air, garam anorganik, lemak dan rambut halus janin. Air ketuban berfungsi untuk melindungijanin dari benturan, menjaga temperatur tubuh janin, memberi ruang gerak janin agar dapat bergerak secara bebas, serta melancarkan proses persalinan.

( Sumber dari: Ensiklopedi Umum untuk Pelajar #5 )

~ by Elly Rosali on 6 April, 2009.

24 Responses to “MENSTRUASI & KEHAMILAN”

  1. terima kasih infonya

  2. terimakasih infonya

  3. terima kasih juga sudah mau berkunjung ke blog ini…
    ya semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat…
    Amien…

  4. Ingin konsultasi masalah memperbanyak air mani\ spema laki laki.dan bagaimana caranya meningkatkan sperma,mengentalkan yg encer.

  5. untuk masalah meningkatkan kualitas sperma coba klik web ini :

    http://www.indomp3z.us/showthread.php?t=67207

    tengkyu…

  6. trim’s info yang bagus sekali…. dan sangat berguna :)

  7. Saya Mempunyai Pasangan dan akan segera melangsungkan pernikahan usia saya 30 tahun dan tunangan saya 26 tahun tapi samapi saat ini belum juga mendapatkan mestruasi
    pertanyaanya
    Sehatkah hal itu
    adakah cara pengobatanya
    benarkah gak bisa hamil?
    atas jawabanya saya ucapkan terimakasih

    • Buat mas Erwan,
      Maaf sebelumnya saya tidak bisa menjawab pertanyaannya, karena saya tidak mempunyai keahlian di bidang itu…
      Artikel yang saya tulis tentang Menstruasi dan Kehamilan, itu saya kutip dari buku Ensiklopedia Pelajar (di bawah artikel sudah saya cantumkan sumbernya…sebagaimana mestinya sesuai aturan kalau kita menulis bukan hasil pikiran kita)
      Tujuan saya ingin meyebarluaskan informasi ini barangkali berguna untuk orang lain. Jadi kalau ada pertanyaan lain saya tidak bisa menjawabnya, kecuali saya tahu dan sudah pernah membaca artikel tentang yang berkaitan.
      Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog saya …
  8. assalammualaikum,…
    saya mau konsul soal siklus mens saya,
    tanggal 28 oktober 2010 llu,saya mens,namun hanya flek2 hitam saja,kmudian tanggal 15 novmber 2010 mens age,mans nya banyak banget,
    trus tanggal 7 desmber mens age,5 hari pertama cm flek2 htam dan lmyan banyk,. habis itu dari tanggal 12 saya mulai mens darahndan tidak terlalu banyak,skarang msih kya gitu,skrang tanggal 15 dsmber,….
    mhon ksih thu gmna ea,…

  9. Buat Sari

    Untuk menjelaskan secara ilmiah sebenarnya bukan kapasitas saya…karena saya bukan ahlinya…
    Tapi menurut sepengetahuan saya siklus menstruasi yg normal itu 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari.
    Masalah flek….mungkin kondisi badan yg capek jg bisa mempengaruhi.
    Kalau pengalaman saya….sering minum jamu kunyit….

    Ok …hanya itu yg bisa saya jawab…sekali lg sy hanya menampilkan artikel ini untuk berbagi pengetahuan….
    Thanks Sari…

  10. mbak elly,
    kalau saya mau tau lebih lanjut tentang siklus mens saya,dimana saya bisa konsul??
    secara online??

  11. coba kunjungi web di bawah ini

    http://healindonesia.wordpress.com/2008/11/27/remaja-putri-dan-siklus-menstruasi/

    ok Sari ….

  12. mengapa jika wanita hamil tidak mengalami haid,,??
    tlong jwab cpat nie tgas,,,,
    please,,,,

  13. Untuk Sri Mulyani,

    terima kasih sudah mau mengunjungi blog saya, maaf saya tidak bisa menjawab pasti karena saya bukan seorang dokter, tapi alamat web dibawah ini mungkin bisa membantu:

    http://www.anneahira.com/menstruasi-saat-hamil.htm

  14. I like the helpful information you provide on your
    articles. I will bookmark your weblog and test again here regularly.
    I’m reasonably certain I will be informed many new stuff right here! Best of luck for the following!

  15. saya mau nanya
    Mengapa sel telur yang tidak dapat di buahi,tidak dapat menempel pada dinding rahim?

    • Buat Ivan Ajja,

      Hal itu disebabkan krn ada hormon yang menggerakkan tuba fallopi (buluh rahim) sehingga menimbulkan konstraksi dan menyebabkan indung telur (ovum) tersebut luruh sebelum mencapai dinding rahim
      …terima kasih atas kunjungannya ke blog ini…salam

  16. Nice post. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon
    every day. It’s always helpful to read content from other writers and practice a little something from other web sites.

    • Lin, Thanks for visiting my blog, I am also still learning, which is important do not ever hesitate to write and try to put the idea you have in mind. Learning by doing.

  17. Nice post. I was checking continuously this blog and I am impressed!

    Extremely helpful info specifically the last part :) I care for such information a lot.
    I was looking for this certain information
    for a very long time. Thank you and good luck.

  18. ooooo

Say something ... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Rumah Kecil 13

Take 'Rumah Kecil 13' as comfortable place in your life

Flaschenpost

125˚ EAST / 1˚ NORTH

Jaka Grosir On Line

Grosir Baju Anak Dan Dewasa

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Arip Blog

Coretan, Catutan dan Cacatnya Harian Arif Abdurahman

NengWie

Lelengkah halu di Pangumbara'an

Wind Against Current

Thoughts on kayaking, science, and life

sianakdesa

-just another part of me-

Flickr Comments

I like to support interaction discussing daily flickr photos or ideas of my blogger community - thanks to more than 2,900 followers!

LIFE AS I SEE IT

my uncomplicated simple life

A Shade Of Pen

A journey of exploration of my ownself and yours as well!

Jared Gulian - Writer and olive farmer

Author of 'Moon Over Martinborough: How an American city boy became a Kiwi farmer'

Bams' Blog

FAMILY | FRIENDSHIP | PHOTOGRAPHY | BUSINESS |

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Blog Deni Mulyadi

Berbagi Ilmu dengan Media Blog

Alamendah's Blog

Flora, Fauna, dan Alam Indonesia

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Matahari Senja

melukis pendar cahaya untuk dunia...

Hujan Jam 13

".......Sebagaimana Hujan Yang Purba......"

%d bloggers like this: